Contoh RPP pengajaran Bahasa Inggris kelas 7 SMP tentang Deskriptif Teks



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP Dua Mei
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VII/2
Materi pokok                        : Descriptive Text
Alokasi waktu                       : 2X40 menit

A.    Kompetensi inti (KI)
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
1.1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1           Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Menunjukkan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.9           Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

           Indikator
Sikap dan perilaku
Menunjukkan keantusiasan
Menunjukkan kejujuran
Menunjukkan kedisiplinan
Menunjukkan tanggung jawab
Pengetahuan tentang
Struktur teks Unsur kebahasaan
Menggunakan struktur  teks yang tepat sesuai fungsinya.
Memilih kata yang tepat sesuai dengan konteknya.
Menggunakan ucapan yang benar
Menentukan tekanan  kata yang benar
Membedakan intonasi yang benar.

Keterampilan
Berkomunikasi menggunakan ungkapan pernyataan dan cara bertanya secara runtut dan lancar

C.     Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan atau melafalkan karakteristik sesuatu di sekitar
2.      Menanyakan atau merespon pertanyaan-pertanyaan tentang descriptive text di sekitar yang benar sesuai konteks.
3.      Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana yang terkait dengan benda yang hendak dideskripsikan.
4.      Fokus penguatan karakter: Terampil, jujur, disiplin, berani dan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

E.     Metode Pembelajaran
Scientific Approach, model Snowball throwing.
F.      Media Pembelajaran:
1.      Gambar-gambar/poster.
2.      PPT
G.    Sumber Belajar
1.      Buku bahasa inggris “When English Rings a Bell”
2.      Internet :
3.      Google : Image
4.      Youtube

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
1.   Do’a
2.   Mengecek daftar hadir
3.   Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
4.   Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris;
5.   Brainstorming: Mereview kembali materi sebelumnya dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan materi seperti: beberapa penggunaan things around us.
6.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
7.   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti
     Pertemuan: (2x40 menit)
             Mengamati (Observing)
Siswa menyimak penjelasan guru tentang beberapa benda yang ada:
1.      Guru menyebutkan contoh beberapa benda-benda yang mudah digambarkan.
2.      Siswa menirukan pengucapan kosa kata dan karakteristiknya.
3.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menggunakan kosa kata dan karakternya ke dalam kalimat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan (Questioning)
1.       Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan benda-benda di sekitar.
2.      Guru menyampaikan pertanyaan penuntun (leading question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang penggunaan kalimat dalam descriptive text yang ada di dunia

Mengeksplorasi
1.      Siswa menyebutkan dan menanyakan benda/sesuatu dan karakternya dalam bentuk kalimat.
2.      Siswa berusaha menyebutkan sesuatu dan karakternya dan  dalam bentuk huruf (tulisan) dalam bahasa Inggris pada proses pembelajaran

             Mengasosiasi
Siswa membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan ciri-ciri dan karakternya dan dalam bentuk huruf (tulisan) dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

            Mengkomunikasikan
1.      Siswa menggunakan kata dan  dalam bentuk huruf (tulisan) yang sudah dipelajari secara wajar setiap bertemu dengan guru dan teman dalam kegiatan sehari-hari di dalam dan di luar kelas.
2.      Siswa melakukan evaluasi diri dengan menulis kendala-kendala dan hal-hal yang telah dikuasai dalam reflektif journal. 

Penutup
1.      Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran,
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.      Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
5.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


1.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap: (Dengan lembar pengamatan)
1.    Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan kata dalam bentuk huruf (tulisan) (tulisan)
2.    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
3.    Perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi:

Pengetahuan:
1. Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam  menyebutkan dan menanyakan kata  dalam bentuk huruf (tulisan).
2.  Keterampilan (dengan rubric penilaian)
3.  Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan kata dan dalam bentuk huruf (tulisan).

1. Lembar Penilaian sikap

    Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris                                   Semester : 2
    Tugas                 : descriptive text                     Kelas      : 7     
                               
NO
Nama Siswa
Skor
Nilai
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Jumlah Skor
1
Abraham Paulo Tahiya





2
Adityo Firgiawan





3
Ageng Dwi Saputra





4
Alvyn Dwie Juniar





5
Angga Wardani





6
Anggita Vitriani





7
Annisa Shafa Diesty





8…
33
Ariel Juliandika







Keterangan:
  • Sangat kurang : 1
  • Kurang                        : 2
  • Cukup             : 3
  • Baik                 : 4
  • Amat baik       : 5

2. Lembar Penilaian Pengetahuan    
    Mata Pelajaran: Bahasa Inggris                                                                         Semester: 2
    Tugas               : Buat Kalimat-kalimat tentang benda kesukaanmu                 Kelas    : 7                                            


NO
Nama Siswa
Skor
Nilai
                              Intonasi
              Kejelasan
Kelancaran
Jumlah Skor
1
Abraham Paulo Tahiya





2
Adityo Firgiawan





3
Ageng Dwi Saputra





4
Alvyn Dwie Juniar





5
Angga Wardani





6
Anggita Vitriani





7
Annisa Shafa Diesty





8
Ariel Juliandika





9
Ayu Kuspratiwi





10
Damar Agustian Saputra





11
Danny Ramadhan





12
Desi Aisyah             





13
Dimas Saputra





14
Dwi Seftianingrum





15
Faiz Ahmad        





16
Febrianty Widodo





17
Firyanl Omny Hafizhah                                   





18
Giska Khairani





19
Irfaan Bahir Musyaffa





20
Juniwerd Jonathan Sajangbati





21
Lintang deandra Maharani





22
Melinda Mithunayon





23
Muhammad An Naufal Zaki





24
Muhammad Haikal Razak





25
Najwa Hilyani





26
Niken Aulia           





27
Pradipta Deskar Alamsyah





28
Puttri Vanessa





29
Rizal Ferdiansyah





30
Rosemaria Gisella





31
Sultan Aulia Nandana Santoso





32
Syahira Anggitri Susandi





33
Tezar Bintang Alvian





           
  Keterangan:
            Kritaria Penskoran                                                                  Kriteria Penilaian
1.      Baik sekali             4                                                          10 – 12: A
2.      Baik                       3                                                            7 – 9  : B
3.      Cukup                   2                                                            4 – 6  : C
4.      Kurang                  1                                                                 ≤ 3: D

      Pengetahuan:
      Tes tulis/lisan & penugasan (PR, proyek)
 3.   Lembar Penilaian Ketrampilan
                    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris             
                    Semester          :  2
                    Tugas               : Things around us
                    Nama Siswa     : Tezar Bintang Alvian
                    Kelas                : 7


No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Content




2.
Text Organization




3.
Vocabulary




4.
Grammar





Keterangan Skor:
4 = Sangat baik                                               Skor maksimal: 4 x 4 = 16
3 = baik                                                              Nilai siswa =    Skor diperoleh x 100
2 = Cukup                                                                     Skor maksimal
1= kuang baik


Daftar penilaian teman sejawat

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Kepedulian




2.
Kerjasama




3.
Tanggungjawab




4.
Kedisiplinan







Keterangan Skor:
4 = Sangat baik                                                                                Skor maksimal    = 4 x 4 = 16
3 = baik                                                                                Nilai siswa       = Skor diperoleh x 100
2 = Cukup                                                                                                          Skor maksimal
1 = Kurang baik


Mengetahui:  
Kepala SMP Dua Mei





(Galih Permana Syam, M.Pd) 

Ciputat Timur, 28 April 2018
Guru Mapel Bahasa Inggris





(Andi Asfian Nur A)






Homework:
Buat Paragraf tentang benda yang ada di sekitarmu







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh RPP pengajaran Bahasa Inggris kelas 7 SMP tentang Deskriptif Teks"

Post a Comment