BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Universitas dalam KBBI diartikan sebagai perguruan tinggi yang
terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan/atau
profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu. Di setiap universitas memiliki
fakultas yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan juga ketentuan dari
Universitas itu sendiri.
Seperti halnya Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta, memiliki berbagai macam Fakultas. Diantaranya yaitu Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas ini dipersiapkan kedepannya untuk menjadi
Guru-guru yang profesional. Untuk menjadi guru yang profesional, tentulah tidak
cukup jika hanya sebatas pembelajaran secara teori dan berada di dalam kelas.
Dibutuhkan pengalaman secara langsung bagi mahasiswa/i nya dalam mendidik dan
juga memberikan pembelajaran di lapangan.
Oleh karena itu, FITK sebutan singkat bagi fakultas keguruan ini
mengadakan sebuah mata kuliah yang dinamai PPKT kepanjangan dari Praktik
Profesi Keguruan Terpadu. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa
semester akhir. Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan dan
mengaplikasikan teori dan pengetahuan yang didapatkan selama duduk di bangku kuliah dalam praktik
nyata di sekolah sebagai landasan dan bekal bagi mahasiswa calon guru untuk
mempersiapkan mental, psikis, fisik, pengetahuan dan keterampilan serta
kreativitas mengajar ketika mereka sudah benar-benar menjadi guru kelak.
Sehingga dengan praktik lapangan ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu
menghafal teori-teori pendidikan maupun kependidikan secara pasif namun mereka
diharapkan mampu mengaplikasikan teori tersebut secara aktif dalam dunia nyata
sehingga nantinya akan memberikan inovasi dan kontribusi besar terhadap dunia
pendidikan maupun teknologi pendidikan.
Kegiatan PPKT ini merupakan salah satu bentuk aplikasi dari
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, Pasal 42 (2003:28), bahwa setiap pendidik dituntut untuk memiliki
kualifikasi dan sertifikasi yang dipersyaratkan sesuai dengan kewenangan
mengajar, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, setiap pendidik tersebut harus
memiliki beberapa kompetensi yang terkait dengan teori dan praktik
pembelajaran. Lebih lanjut, dalam undang-undang Guru dan Dosen pasal 8 (DPR RI,
2005:5) dinyatakan bahwa sejumlah kompetensi dan sertifikasi tersebut diperoleh
dengan melewati proses pendidikan profesi.
Melalui PPKT ini mahasiswa mendapatkan sebuah pengalaman luar biasa
dari menjadi seorang calon guru kedepannya. Sebuah pengalaman yang tidak akan
pernah didapatkan jika hanya membahas sebuah teori di dalam ruang kelas. PPKT
ini juga merupakan lahan untuk terus mengembangkan teori yang ada dalam kelas,
seperti pembuatan RPP, bagaimana cara mengkondisikan kelas, menjadikan kelas
sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa/i Sekolah ditempat PPKT
tersebut.
B.
Tujuan
Tujuan umum kegiatan PPKT adalah agar mahasiswa memiliki kompetensi
pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Selain itu melatih mahasiswa
agar memilki kemantapan kemampuan dalam menggunakan ilmu yang dipelajarinya
dalam situasi nyata baik ilmu yang terkait dengan bidang pendidikan maupun
substansi bidang ilmu melalui kegiatan mengajar dan tugas-tugas pengelolaan
kependidikannya.
Tujuan khusus kegiatan PPKT adalah agar mahasiswa:
1.
Dapat
menerapkan berbagai keterampilan dasar keguruan/kependidikan secara utuh dan
terpadu dalam situasi sebenarnya.
2.
Dapat
mengenal secara cermat lingkungan sosial, fisik, administrasi, dan akademik
sekolah/madrasah.
3.
Dapat
menarik pelajaran dari pengalaman dan penghayatannya, yang direfleksikan dalam
perilakunya sehrai-hari.
4.
Terampil
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, administrasi sekolah/madrasah,
kegiatan kependidikan, dan penelitian kependidikan.
C.
Manfaat
Selain tujuan kegiatan PPKT ini pun mempunyai beberapa manfaat.
Manfaat kegiatan PPKT, antara lain sebagai berikut:
1.
Bagi
mahasiswa, kegiatan ini memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan
keterampilannya menjalankan profesinya sesuai dengan bidang keilmuannya, serta
melatih berpikir kritis, kreatif, dan menggunakan prosedur ilmiah dalam
memecahkan masalah kependidikan.
2.
Bagi
FITK, kegiatan ini merupakan media untuk mengaplikasikan teori-teori
kependidikan dalam kegiatan nyata di lapangan dalam usaha menyiapkan lulusan
yang profesional di bidang kependidikan dan pengajaran.
3.
Pemerintah
dan masyarakat, kegiatan ini memperoleh sumbangan berharga dalam bentuk
partisipasi aktif mahasiswa dalam upaya pengembangan kelembagaan, dan akan
memperoleh calon tenaga kependidikan profesional.
D.
Sistematika
Sistematika penulisan laporan PPKT ini melipui antara lain bagian
awal, inti dan akhir. Bagian awal terdiri dari halaman judul, halaman
pengesahan laporan PPKT, kata pengantar, daftar lampiran dan daftar isi.
Kemudian sistematika penulisan laporan PPKT sebagai berikut:
1.
BAB
I (pendahuluan) yang terdiri dari latar belakang, tujuan, manfaat dan
sistematika penulisan laporan PPKT.
2.
BAB
II berisi tentang profil sekolah tempat PPKT yang terdiri dari: sejarah singkat
sekolah / madrasah, visi, misi dan tujuan sekolah / madrasah, guru dan tenaga
kependidikan, siswa,sarana dan prasarana serta lainnya yang relevan.
3.
BAB
III tentang pelaksanaan PPKT yang terdiri dari persiapan (observasi, orientasi
dan penyusunan program kegiatan program/
jadwal), pelaksanaan praktik mengajar (pelaksanaan praktik mengajar terbimbing/
asistensi, pelaksanaan praktik mengajar mandiri.Hambatan dan solusi serta
pelajaran yang didapat dari praktik mengajar),
pelaksanaan praktik pengelolaan kependidikan( pelaksanaan praktik
pengelolaan kependidikan, hambatan dan solusi, pelajaran yang didapat dari
pengelolaan kependidikan) dan pelaksanaan praktik penelitian kependidikan
(ringkasan hasil praktik penelitian pendidikan)
4.
BAB
IV penutup.
Sedangkan
bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Lampiran ini
terdiri dari dokumentasi foto-foto, RPP, lembar penilaian dan lain-lain.
Format
Penulisan Laporan
Halaman Judul
Halaman Pengesahan Laporan PPKT
Kata Pengantar
Daftar Lampiran
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
2.
Tujuan
3.
Manfaat
4.
Sistematika
BAB II PROFIL
SEKOLAH/MADRASH
1.
Sejarah
Singkat Sekolah/Madrasah
2.
Visi,
Misi, dan Tujuan
3.
Guru
dan Tenaga Kependidikan
4.
Siswa
5.
Sarana
dan Prasarana
6.
Lainya
yang relevan
BAB III PELAKSANAAN PPKT
A. Persiapan (Observasi, Orientasi dan Penyusunan Program Kegiatan/Jadwal)
B.
Pelaksanaan
Praktik Mengajar
1.
Pelaksanaan
Praktik Mengajar Terbimbing/ Asistensi
2.
Pelaksanaan
Praktik Mengajar Mandiri
3.
Hambatan
dan Solusi
4.
Pelajaran
yang didapat dari Praktik Mengajar (Lesson Learn)
C.
Pelaksanaan
Praktik Pengelolaan Kependidikan
1.
Pelaksanaan
Praktik Pengelolaan Kependidikan
2.
Hambatan
dan Solusi
3.
Pelajaran
yang didapat dari Pengelolaan Kependidikan (Lesson Learn)
D.
Pelaksanaan
Praktik Penelitian Kependidikan (Ringkasan Hasil Praktik Penelitian Pendidikan)
BAB II
PROFIL SEKOLAH/ MADRASAH
A.
Identitas
Sekolah
1. Nama
Sekolah : SMP Dua Mei Ciputat
2. Nama
Kepala Sekolah : Galih Permana Syam, M. Pd.
3. Nomor
Statistik : 20 2
280310 014
4. Status
Sekolah : Swasta
5. Status
Akreditasi : Akreditasi
A
6. Alamat : Jl.
H. Abdul Gani no. 135
Kelurahan : Ciputat Timur
Kecamatan : Ciputat
Kotamadya : Jakarta Selatan
Provinsi : Banten
Telepon : (021)
7413559 Fax: (021) 74707557
Kode Pos : 15412
7. Tahun
Didirikan : 1986
8. Status
Tanah : Pemerintah (1000 m²)
Wakaf/Hibah (3000 m²)
a. Luas
Tanah : 3000 m²
b. Luas
Bangunan : 1.484 m²
B.
Sejarah Singkat Sekolah/Madrasah
SMP Dua Mei didirikan oleh Bapak
Drs. Hendi Subarman, MM pada tahun 1986 sesuai dengan surat izin operasional
No. 1516/102/07/R.86 sebagai sekolah berstatus swasta dengan mengesahkan an.
Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat,
Kepala Bidang DIKMENUM. Setelah didirikan 1986 SMP Dua Mei sudah mulai
beroperasi dengan menerima peserta didik baru. SMP Dua Mei merupakan lembaga
pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dua Mei. Kemudian sesuai dengan
surat keputusan Badan Akreditasi Sekolah (BAN) Provinsi Banten 2015 telah
memutuskan bahwa SMP Dua Mei Ciputat memperoleh predikat akreditasi sangat baik
“A”.
C.
Visi, Misi, dan Tujuan
1.
Visi
“Bermutu, Berakhlak, Menguasai IPTEK Dan Berwawasan Lingkungan
Hidup.”
2.
Misi
a.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan pendidikan yang berdasarkan akhlak mulia.
b.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang
berbudi pekerti luhur, jujur, professional, terampil, tangguh dan berkompeten
di bidangnya.
c.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan standar proses belajar aktif, kreatif dan
menyenangkan.
d.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan fasilitas pendidikan yang lengkap, up to date,
dan canggih.
e.
Bermutu
dalam mewujudkan peningkatan standar kelulusan dan prestasi non-akademik.
f.
Bermutu
dalam mewujudkan penigkatan kelembagaan serta manajemen.
g.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan standar pembiayaan.
h.
Bermutu
dalam mewujudkan pengembangan penilaian pendidikan.
i.
Menerapkan
akhlak mulia dalam pembelajaran.
j.
Menerapkan
dan meningkatkan karakter bangsa dalam proses pembelajaran.
k.
Menerapkan
pendidikan yang berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi.
l.
Menerapkan
pendidikan berbasis lingkungan hidup.
m.
Menuju
sekolah berwawasan lingkungan hidup.
n.
Menuju
budaya bersih dan sehat.
D.
Guru dan Tenaga Kependidikan
No
|
NIP
|
Nama
|
Pelajaran
|
Jabatan
|
1
|
196507282007012000
|
Dra. Maulida Bustami
|
Guru Mapel
|
GURU
|
2
|
196710031996011000
|
Enjang
Supyan, M.Pd
|
Guru Mapel
|
GURU
|
3
|
196407291990032000
|
Susi
Herawati, S.Pd
|
Guru Mapel
|
Wali Kelas 8
|
4
|
Galih Permana
S, M.Pd
|
Matematika
|
Kepala Sekolah
|
|
5
|
Bima Arwunda
DJ, S.Pd
|
PENJASKES
|
Guru Eskul
|
|
6
|
Dwi Yuli
Prihani,S.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
Wali Kelas
9.1
|
|
7
|
Siti
Rokasiah, S.Pd
|
IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
|
Wakil Kepala
Sekolah
|
|
8
|
Anggi
Rahadian, S.Pd
|
TIK
|
Guru
|
|
9
|
Rahma
Dwisita, A.Md
|
Tata Boga
|
Guru
|
|
10
|
Ely
Rahmawati, S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
Wali Kelas 7
|
|
11
|
Ahmad
Amirulloh, S.Pd
|
IPS
|
Guru
|
|
12
|
Roshin Juman,
S.Pd
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
Guru
|
|
13
|
Taufiq Nur
Azis, M.Pd
|
PAI
|
Wali Kelas
9.2
|
E.
Siswa
Kelas 7
|
Kelas 8
|
Kelas 9.1
|
Kelas 9.2
|
F.
Sarana dan Prasarana
a.
Ruang
kepala sekolah
b.
Ruang
wakil kepala sekolah
c.
Ruang
guru
d.
Ruang
staff administrasi
e.
Ruang
staff keuangan
f.
Ruang
kelas VII.1
g.
Ruang
kelas VIII.1
h.
Ruang
kelas VIII.2
i.
Ruang
kelas IX.1
j.
Ruang
kelas IX.2
k.
Ruangan
Multimedia
l.
Ruang
OSIS
m.
Mading
OSIS
n.
Ruang
UKS
o.
Ruang
Laboratorium IPA
p.
Ruang
Tata Boga
q.
Mading
Sekolah
r.
Lapangan
Sekolah
s.
Kantin
sehat Sekolah
t.
Parkir
Ruang Satpam
BAB III
PELAKSANAAN PPKT
A. Persiapan (Observasi, Orientasi, dan Penyusunan
Program Kegiatan / Jadwal)
Sebelum melakukan PPKT
kami terlebih dahulu diberikan pembekalan dan orientasi pada tanggal 16 Januari
2018 oleh pihak Lab bersama dengan jurusan-jurusan lainnya. Setelah
itu kami diberikan surat pengantar untuk meminta konfirmasi kepada pihak
sekolah untuk menerima kami melaksanakan PPKT di sekolah tersebut. Kami
ditempatkan di SMP Dua Mei Ciputat, keesokan harinya tepatnya di siang hari
kami berkunjung ke sekolah tersebut untuk mengantarkan surat pengantar yang
diberikan dari pihak Lab. Pagi itu kami belum bertemu Kepala Sekolah namun
hanya bertemu guru administrasi, kami hanya memberikan suratnya kepada staff di
resepsionis tersebut menyamapaikan akan diberikan kembali konfirmasinya pada
esok hari.
Hingga pada akhirnya, kami
mendapatkan panggilan dari pihak Lab yang menyatakan bahwa Kepala Sekolah ingin
bertemu dengan mahasiswa/i nya pada hari itu juga. Karena tidak memungkinkan
berkumpul pada hari itu, maka kami bertemu pada esok harinnya pada Jum’at
tanggal 20 Januari 2018 pukul 09.00 WIB
dengan Wakil Kepala Sekolah SMP Dua Mei Ciputat, yaitu Ibu Siti Rokasiah,
S.Pd. Kami langsung menemui beliau di
ruang kepala sekolah, dan pertemuan inilah pertemuan pertama kami bersama wakil
kepala sekolah. Alhamdulillah kami disambut dengan hangat oleh Ibu Siti Rokasiah. Obrolan pun
dibuka dengan hangat oleh ibu siroj panggilan akrab kami, beliau memberikan
kami gambaran mengenai sekolah tersebut, baik dari karakteristik siswa SMP Dua
Mei Ciputat, budaya atau aturan yang ada di sekolah tersebut, dan hal lainnya.
Gambaran ini dijelaskan agar mahasiswi peserta PPKT tidak kaget dan mengetahui
kondisi yang ada di SMP Dua Mei Ciputat yang sebenarnya. Karena kondisi di
lapangan akan berbeda dengan teori yang telah kami pelajari di bangku
perkuliahan.
Kami diberikan banyak motivasi, arahan, nasihat dan
sebagainya. Sebagaimana seorang bapak yang memberikan wejangan untuk anaknya,
dengan harapan agar kami bisa maksimal melakukan PPKT ini dan bisa
menyelesaikan studi S1 ini dengan tepat waktu. Pesan yang kami dapatkan dari beliau
“Jadikan PPKT sebagai potret utuh dalam pembelajaran”.
Tidak hanya itu, kami diberikan informasi mengenai
list guru-guru yang nantinya akan menjadi guru pamong kami selama kami
melaksanakan PPKT di sekolah tersebut. serta membahas waktu yang tepat untuk
melaksanakan pembukaan PPKT, akhirnya disepakati untuk pembukaan PPKT akan
dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 januari 2018 Pukul 08.30 WIB. Kami diberikan arahan untuk membuat susunan
acara pembukaan PPKT nanti, serta kami diminta oleh bu siroj untuk membuat Banner
dengan design yang menarik. Kami pun diminta untuk datang lagi ke sekolah
pada hari Senin tanggal 19 Januari 2018 untuk melakukan fiksasi mengenai
pengisi acara dan kesiapan kami untuk pembukaan nanti.
Hingga tibalah pada hari Rabu tanggal 22 Januari
2018 Pukul 08.30 WIB, waktu dimana kami selaku mahasiswi PPKT, Dosen
Pembimbing, dan pihak Sekolah, melaksanakan acara pembukaan PPKT. Acara
pembukaan PPKT ini dihadiri oleh Ibu Siti Rokasiah,
S.Pd. selaku perwakilan dari Kepala Sekolah,
seluruh guru sekolah SMP Dua Mei Ciputat dan Ibu Ida sekaligus menjadi guru
pamong kami, perwakilan guru-guru dari masing-masing konsorsium dan Ibu Prof.
Dr. Ulfah Fajarini selaku salah satu Dosen Pembimbing sekaligus selaku
sekretaris prodi PIPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta lima belas
mahasiswa yang akan melaksanakan PPKT di sekolah tersebut (pembukaan gabung
dengan mahasiswa PPKT yang bertempat di SMA Dua Mei Ciputat).
Acara pembukaan ini dimaksudkan sebagai simbolis
antara prodi-prodi yang ada di tarbiyah dengan pihak sekolah dalam serah-terima
mahasiswa untuk melakukan kegiatan PPKT. Acara pembukaan diisi oleh
mahasiswa-mahasiswa PPKT, diantaranya saya sebagai perwakilan dari mahasiswa
sebagai penyambut, Bingah Esa dan Hana Fadillah sebagai pembawa acara, Novalda
sebagai Pembaca ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah, dan Agung sebagai pembaca
do’a. serta sembilan orang lainnya yaitu Faisal Mahfudz, Febrilia Syifa, Rahma,
Rahmalia Agustina Puteri, Syahifa Wahyi, Cindi Eka Putri, Inas Bahiroh,
Farikha, Dalva novella, dan Hana bertugas sebagai pengambilan dokumentasi.
Acara pembukaan PPKT pun berakhir pada pukul 11.15 WIB. Seusai acara pembukaan
kami melakukan foto bersama dan bertemu dengan guru pamongnya masing-masing.
1.
Kegiatan Observasi
a. Observasi Aktivitas Belajar Siswa
Dalam kegiatan
PPKT ini, penulis ditempatkan di kelas VII dengan Wali Kelas Ely Rahmawati,
S.Pd. Pada kegiatan observasi ini,
penulis mempunyai waktu hanya 2 hari yaitu hari Senin dan Selasa untuk
memperhatikan bagaimana cara wali kelas mengajar dan mengkondisikan kelas. Dari
observasi inilah, penulis mengetahui karakteristik dari masing-masing siswa.
Penulis
melakukan observasi ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dan
berdasarkan pengamatan penulis kegiatan yang dilakukan pertama masuk ke dalam
kelas yaitu seluruh anggota kelas membaca do’a kemudian setelah itu ketika
memasuki ruangan kelas, masing-masing
siswa bersalaman dengan wali kelas. kondisi di dalam kelas cukup tenang,
meskipun masih ada aja siswa yang berisik tetapi itu masih dalam hal wajar
karna anak sedang berada pada masa transisi dari SD ke SMP.
b. Observasi Aktivitas Mengajar
Berdasarkan
observasi yang penulis amati, wali kelas sangat memiliki peran penting di dalam
kelas. Dimana dengan adanya wali kelas, para siswa terbantu dalam mengatasi
kesulitan ataupun ketidakpahaman ketika mendapatkan materi pelajaran. Jadi,
wali kelas secara langsung dapat membimbing ataupun menjelaskan materi yang
belum dipahami dan dikuasai oleh siswa. Selain itu, wali kelas juga ketika
menyampaikan materi harus menggunakan metode, media, strategi yang sesuai
dengan usia mereka. Dengan harapan agar para siswa dapat dengan mudah memahami
materi yang diajarkan.
2.
Orientasi
Masa orientasi ini waktunya bersamaan dengan masa observasi. Pada tahap
ini, mahasiswa PPKT mulai untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
Kegiatan orientasi ini dilakukan untuk mengenal lebih dalam lagi seluruh
aspek yang berkaitan dengan madrasah tersebut, diantaranya berupa administrasi,
akademik, social, dan pengelolaan perpustakaan. Kegiatan pengenalan sekolah
meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penelaahan hasil orientasi. Informasi
untuk melakukan kegiatan tersebut kami melakukan beberapacara diantaranya
melalui observasi, wawancara, analisis dokumentasi administrasi dan sebagainya.
Pada saat orientasi ini, mahasiswa tidak hanya berkoordinasi dengan guru pamong
saja, tetapi juga dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum/kesiswaan yaitu
Ibu Siti Rokasiah, S. Pd dan Pak Rangga selaku guru pamong administrasi.
Bersama dengan beliau, kami (mahasiswa PPKT) diberikan gambaran dan penjelasan
mengenai administrasi apa saja yang harus disiapkan guru sebelum melaksanakan
pengajaran, diantaranya yaitu program tahunan, program semesteran, silabus,
RPP, dan sebagainya.
3.
Menyusun Program / Jadwal
Sebelum menyusun program kegiatan PPKT di sekolah, penulis
menyesuaikannya terlebih dahulu dengan jadwal pelaksanaan PPKT berdasarkan
sumber laboratorium FITK lantai 3, sebagai berikut:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Tempat/Pelaksana
|
1.
|
Penyerahan Data Sekolah ke Jurusan
|
27 Desember 2018
|
Jurusan
|
2.
|
Pendaftaran PPKT ke Jurusan:
- Mengisi Formulir
Pendaftaran di Jurusan
- Mengembalikan Formulir
ke Lab. FITK
|
1 – 5 Januari 2018
|
Oleh Mahasiswa ke
Jurusan
|
3.
|
Penentuan Sekolah, Penempatan Peserta PPKT dan
Penetapan Dosen Pembimbing PPKT oleh tiap Jurusan
|
8 – 9 Januari 2018
|
Jurusan
|
4.
|
Penyerahan Data ke Lab (Data Sekolah, Penempatan
Mahasiswa, Dosen Pembimbing PPKT) oleh Jurusan ke UPT Lab. FITK
|
10 Januari 2018
|
Dari Jurusan ke Lab. FITK
|
5.
|
Pengumuman Penempatan Peserta dan Dosen Pembimbing
PPKT
|
12 Januari 2018
|
Lab./Jurusan
|
6.
|
Pembekalan dan Orientasi PPKT Mahasiswa
|
16 Januari 2018
|
AuditoriumHN
|
7.
|
Rapat Koordinasi dan Sosialisasi PPKT dengan Dosen
Pembimbing
|
17 Januari 2018
|
Teater lt. III
|
8.
|
Konfirmasi Mahasiswa ke Sekolah/Madrasah
(mahasiswa membawa surat pengantar)
|
16 – 18 Januari 2018
|
UPT Lab. FITK
|
9.
|
Laporan Hasil Konfirmasi dari Sekolah/Madrasah
oleh Mahasiswa ke Lab FITK
|
16 – 18 Januari 2018
|
UPT Lab. FITK
|
10.
|
Rapat Kordinasi PPKT dengan Kepala Sekolah
|
19 Januari 2018
|
Teater lt. III
|
11.
|
Pelaksanaan PPKT (Pembukaan, Pelaksanaan,
Penutupan)
|
22 Januari – 18 Mei 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
12.
|
Pembukaan PPKT (Serah-Terima) didampingi oleh
Dosen Pembimbing
|
22 – 23 Januari 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
13.
|
Observasi, Orientasi dan penyusunan program dan
kegiatan PPKT di Sekolah/Madrasah
|
24 Januari – 2 Februari 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
14.
|
Asistensi (praktik terbimbing)
|
29 Januari – 9 Februari 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
15.
|
Monev I PPKT :
(Dihadiri Ketua/Wkl.Ketua Mahasiswa PPKT dari tiap
sekolah)
|
13 Februari 2018
|
R. Teater Lt. III
|
16.
|
Praktik mandiri (mengajar, pengelolaan
kependidikan, dan kegiatan penelitian)
|
12 Februari – 20 April 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
17.
|
Monev II PPKT
(Dihadiri Ketua/Wkl.Ketua Mahasiswa PPKT dari tiap
sekolah)
|
17 April 2018
|
R. Teater Lt. III
|
18.
|
Ujian Praktik Mengajar
|
23 – 27 April 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
19.
|
Penyusunan Laporan Penelitian dan Pelaksanaan PPKT
Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018
|
1 – 11 Mei 2018
|
Mahasiswa
|
20.
|
Monev III PPKT
(dihadiri Kajur/Sekjur/Dosen Pembimbing, Ketua
Kelompok PPKT)
|
15 Mei 2018
|
R. Teater Lt. III
|
21.
|
Penyerahan Laporan Penelitian dan Pelaksanaan PPKT
ke Dosen Pembimbing oleh mahasiswa (Hardcopy+SoftCopy)
|
14 – 18 Mei 2018
|
Mahasiswa ke Dosen Pembimbing
|
22.
|
Penutupan PPKT (dihadiri oleh dosen pembimbing)
|
14 – 18 Mei 2018
|
Madrasah/Sekolah
|
23.
|
Penyerahan Nilai dan Lembar Kunjungan oleh Dosen
Pembimbing ke Lab. FITK
|
13 – 17 November 2017
|
UPT Lab. FITK
|
24.
|
Penyerahan Laporan dan Penelitian ke UPT Lab. FITK
oleh mahasiswa (Soft Copy)
|
21 – 25 Mei 2018
|
UPT Lab. FITK
|
25.
|
Penyerahan Laporan Evaluasi Pelaksanaan PPKT
Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018
|
11 – 15 Juni 2018
|
UPT Lab. FITK kepada Fakultas
|
26.
|
Penginputan Nilai ke AIS
|
Sesuai Jadwal Penginputan Nilai Ke AIS
|
Dosen Pembimbing ke AIS
|
Berdasarkan
jadwal ketetapan dari laboratorium lantai 3 di atas, maka jadwal PPKT di SMP
Dua Mei Ciputat 2018 yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
No
|
Tanggal
|
Keterangan
|
1
|
17 Januari
2018
|
Mengantarkan
surat pengantar yang diberikan oleh pihak lab sekaligus meminta konfirmasi
dari kepala sekolah SMP Dua Mei Ciputat
|
2
|
18 Januari
2018
|
Menemui
kepala sekolah, serta membicarakan mengenai persiapan pembukaan PPKT di SMP
Dua Mei Ciputat
|
3
|
22 Januari
2018
|
Pembukaan
PPKT di SMP Dua Mei Ciputat dengan di hadiri oleh dosen pembimbing, kepala
sekolah SMP Dua Mei, wakil kepala kurikulum, pamong administrasi, guru pamong
dan perwakilan dewan guru dari masing-masing konsorsium.
|
4
|
25 Januari
2018
|
Pelaksanaan
kegiatan observasi di kelas yang telah ditentukan oleh kepala sekolah untuk
mengajar di kelas yang akan diajarkan oleh mahasiswa PPKT.
|
5
|
5 Februari
2018
|
Pelaksanaan
kegiatan asistensi ini dilaksanakan dengan cara membantu guru pamong
mengajar.
|
6
|
19 Februari 2018
|
Praktik
mengajar mandiri
|
7
|
5 Maret 2018
|
Pelaksanaan
ulangan tengah semester dan guru pamong mempercayakan untuk memeriksa dan
menilai hasil ulangan semester siswa.
|
8
|
30 April 2018
|
Ujian praktik
mengajar dan dinilai langsung dengan dosen pembimbing serta guru pamong.
|
9
|
7 Mei 2018
|
Penutupan
PPKT di SMP Dua Mei Ciputat
|
10
|
8 Mei 2018
|
Pengumpulan
laporan PPKT dan laporan penelitian kepada dosen pembimbing.
|
Sementara untuk penyusunan program dan kegiatan PPKT
di sekolah, penulis dibantu guru pamong administrasi dalam:
a. Membuat
Instrumen Pembelajaran (Prota, Prosem dan Silabus)
b. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
c. Pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar
d. Membuat
instrumen penilaian
e. Melaksanakan
penelitian
B. Pelaksanaan Praktik
Mengajar Terbimbing
1. Pelaksanaan
Praktik Terbimbing/ Asistensi
Praktik
mengajar terbimbing (asistensi) ini dilakukan pada dua minggu pertama setelah
pembukaan PPKT dilakukan. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing ini
dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2018. Tempat kegiatan asistensi ini
dilaksanakan di kelas VII dengan guru pamong yaitu Ibu Maulida Bustami.
Pada
kegiatan ini mahasiswa praktik membantu guru pamong dalam proses kegiatan
belajar mengajar dan diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan belajar
mengajar dengan didampingi dan dibimbing oleh guru pamong. Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, guru pamong pun memberi kritik dan saran kepada
mahasiswa praktik dengan harapan agar ketika melakukan pengajaran berikutnya
bisa lebih baik lagi.
Pada
awalnya, dalam kegiatan praktik mengajar terbimbing ini penulis merasa asing
berada di kelas VII. Penulis pun masih merasa canggung dengan guru pamong dan
seluruh siswa yang ada di kelas VII. Namun dengan berjalannya waktu semua rasa
kecanggungan itu dapat teratasi dengan baik dan siswa pun mulai akrab.
Praktik
mengajar terbimbing ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa praktik dapat
mengetahui apa saja yang harus dilakukan guru di dalam kelas. Seperti:
mengelola kelas, menyampaikan materi, dan beberapa keterampilan yang harus
dimiliki seorang guru. Selain itu juga, melatih mahasiswa praktik dalam belajar
tanggung jawab menjadi seorang guru. Maka dari itu, kegiatan praktik mengajar
ini dilakukan dibawah bimbingan oleh guru pamong dan dosen pembimbing.
Berdasarkan
jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak Laboratorium, maka praktik mengajar
terbimbing untuk pertama kali dimulai pada tanggal 12 Februari 2018. Namun,
selebihnya praktik mengajar terbimbing ini disesuaikan dengan jadwal yang diberikan
oleh guru pamong. Karena kurikulum yang digunakan di SMP Dua Mei Ciputat
khususnya kelas VII adalah kurikulum 2013 maka pada praktik mengajar terbimbing
penulis terhitung sebanyak 5 kali dengan berbeda-beda waktu. Ada yang satu kali
pengajaran waktunya 120 menit dan ada juga yang waktunya 40 menit dalam sehari.
1.
Pelaksanaan
Praktik Mengajar Mandiri
Praktik mengajar mandiri ini dilakukan
mulai dari tanggal 12 Februari – 20 April 2018. Praktik mengajar mandiri
merupakan kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh setiap mahasiswa praktik
tanpa didampingi oleh guru pamong. Guru pamong memberikan sepenuhnya kegiatan
pengajaran dalam proses pembelajaran kepada mahasiswa praktik baik dari
perangkat pembelajaran, pemberian tugas, sampai proses penilaian. Melalui
kegiatan ini, menuntut mahasiswa praktik untuk mandiri dalam pengajaran,
pengelolaan kelas, dan penyelesaian masalah yang ada di dalamnya tetapi
kegiatan praktik mengajar mandiri ini masih dibawah pengawasan dari guru
pamong.
Pada kegiatan praktik mengajar mandiri
ini, mahasiswa praktik diberi kesempatan melakukan pengajaran secara mandiri
minimal 8 kali pengajaran. Dalam kegiatan ini, guru pamong bertugas untuk
mengamati dan menilai cara mengajar mahasiswa praktik dari awal sampai akhir
pembelajaran sesuai dengan format yang sudah disediakan oleh laboratorium FITK.
Aspek yang dinilai meliputi pembuatan RPP, materi yang disampaikan, pengelolaan
kelas, metode yang digunakan, serta latihan / tugas yang diberikan kepada siswa
yang dibuat oleh mahasiswa praktik. Materi yang diajarkan saat mengajar mandiri
materi yang ada di buku paket bahasa inggris.
2.
Hambatan
dan Solusi
Dalam pelaksanaan kegiatan praktik
mengajar tidak selalu berjalan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat dan
disiapkan. Karena seringkali terdapat kendala ketika perencanaan yang sudah
dirancang dengan sebaik mungkin ketika diaplikasikan atau dipraktikan di kelas
itu berbeda. Hambatan itu bisa terjadi Karena siswa, waktu dan hal-hal yang
tidak terduga. Dari hambatan tersebut perlu adanya solusi agar proses
pengajaran menjadi lebih baik, diantaranya:
a. Terdapat
siswa yang sibuk dengan dunianya sendiri sehingga menyebabkan siswa tidak
mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru. Solusinya yaitu sebelum
pembelajaran dimulai, guru harus memusatkan perhatian siswa terlebih dahulu
seperti dengan memberikan ice breaking terlebih
dahulu dan menguji konsentrasi mereka. Ketika pembelajaran berlangsung guru
harus menggunakan metode, strategi dan media yang dapat menarik perhatian siswa
serta siswa pun tidak merasa bosan dan jenuh.
b. Terdapat
siswa yang sangat pendiam dan kurang percaya diri ketika diminta untuk maju ke
depan kelas. Solusinya yaitu guru harus terus melibatkan nama siswa yang
pendiam tersebut dalam pembelajaran, misal meminta siswa tersebut untuk
menjawab pertanyaan dan lain sebagainya. Selain itu, guru juga harus
menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa dengan kata-kata positif. Misal
“Come on, you can do it” dan kata-kata positif lainnya disertai dengan
pemberian reward berupa penambahan
point ataupun memberikan pujian.
3.
Pelajaran
yang Dapat Diambil dari Praktik Mengajar
Dalam kegiatan PPKT yang dilakukan
kurang lebih 3 bulan setengah ini, mahasiswa PPKT mendapatkan banyak ilmu dan
pengalaman yang sangat berkesan, diantaranya:
a. Memperhatikan
kesiapan siswa sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai sangatlah
penting, baik dari kelengkapan alat tulis, buku paket, dan buku tulis. Sebelum
proses kegiatan belajar mengajar dimulai alangkah baiknya guru memberikan ice breaking terlebih dahulu agar siswa
memusatkan perhatianya. Dengan kesiapan siswa lah proses kegiatan belajar
mengajar dapat berjalan dengan baik.
b. Ketika
melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, seorang guru harus merencanakan
perangkat pembelajaran dan menentukan pengelolaan kelas yang bagus dengan
memperhatikan kondisi kemampuan belajar siswa dan materi pelajaran yang akan
diajarkan di kelas tersebut.
c. Penggunaan
media atau metode sangat menentukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Karena
dengan menggunakan media atau metode yang sesuai dengan materi yang akan
diajarkan dapat memusatkan perhatian siswa, selain itu pembelajaran menjadi
aktif dengan adanya interaksi antar guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan
siswa dengan materi. Sehingga siswa tidak merasa bosen dan jenuh.
C.
Pelaksanaan
Praktik Pengelolaan Kependidikan
1.
Pelaksanaan
Praktik Pengelolaan Kependidikan
a.
Seminar Motivasi
Dalam
rangka menyambut UNBK dan UAS untuk kelas 9 yang jatuh pada hari senin, tanggal 23 – 26 April
2018 SMP Dua Mei Ciputat mengadakan kegiatan seminar motivasi. Kegiatan ini
dimulai pukul 07.30 bertempat di Aula Yayasan Dua Mei dan diikuti oleh seluruh 69
Siswa SMP dari Kelas 9 dan kemudian mereka mengikuti seminar motivasi agar
nantinya siswa-siswa semangat dan siap untuk menghadapi ujian kelulusam.
Setelah
melaksanakan seminar motivasi, siswa terlihat bersemangat dan siap yang
ditunjukkan dengan antusiasnya mereka membuka buku dan tidak kelihatan tertekan
padahal waktu ujian hanya tinggal satu minggu lagi.
2.
Hambatan
dan Solusi
a. Hambatan
1.
Begitu susahnya
mengkondisikan siswa untuk selalu mengikuti kegiatan materi yang sedang
disampaikan sehingga butuh tenaga dari setiap mahasiswa PPKT yang di bertugas
SMP harus turun tangan untuk mengkondisikan setiap siswa yang ada di ruangan.
2.
Cukup susah
untuk berkumpul bersama dengan teman satu kelompok karena berbedanya tugas dan
kondisi serta waktu yang tidak cocok antar anggota kelompok.
b. Solusi
1.
Pembagian job
desk dan waktu dengan sebaik mungkin.
2.
Berusaha untuk
meluangkan waktu, walau sesibuk apapun itu.
3.
Pelajaran
yang Didapat dari Pengelolaan Kependidikan
Pelajaran yang dapat diambil dari
pengelolaan kependidikan ini, yakni mengenai waktu dan ketika ingin mengadakan
acara besar harus mempersiapkan semua yang berkaitan dengan acara tersebut
dengan sebaik mungkin, serta untuk penempatan acara dan rundown acara juga disusun dengan sebaik mungkin dengan melihat
kondisi peserta yang dilibatkan.
D.
Pelaksanaan
Praktik Penelitian Kependidikan
Penelitian dilakukan karena ada masalah di dalam
kelas dan akan diselesaikan masalah tersebut di dalam kelas. Dengan cara
mengamati dan observasi. Setelah praktikan selesai melakukan Profesi Praktek
Keguruan Terpadu (PPKT).Terdapat masalah di kelas berupa sebagian anak masih
memiliki sifat individualis, maksudnya mereka ingin selalu menang sendiri, dan
ketika dikelompokkan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kerjasama
mereka masih kurang serta mereka memiliki kurang kepekaan terhadap sekitarnya.
Terlebih di kelas VII ini, mayoritas kecerdasan yang dimiliki siswa didalamnya
yaitu kecerdasan interpersonal dan kinestetik semuanya berbanding terbalik
dengan karakter yang seharusnya dimiliki oleh anak yang memiliki kecerdasan
interpersonal. Dan anak-anak lebih senang untuk melakukan kegiatan aktifitas
dibandingkan harus diam dan mendengarkan gurunya menjelaskan. Sehingga dari
masalah tersebut praktikan melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan
Media Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor Dalam Peningkatan Minat Belajar
Bahasa Inggris Pada Siswa”.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April.Penelitian
ini dilakukan di SMP Dua Mei Ciputat, dengan subjek penelitian adalah siswa/i
kelas VII dadakan dan observasi serta refleksi. Sampel siswa-siswi kurang fokus
dalam proses pembelajaran. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif/korelasional.
Desain penelitian menggunakan di kurt lewin yang terdiri atas perencanaan,
tindakan, dan observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah skala perhatian siswa dan observasi perhatian siswa. Teknik analisis
data menggunkan statistik kuantitatif untuk menganalisa data dan skala
perhatian siswa terhadap mata pelajaran.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
hasil pelaksanaan kegiatan PPKT mengenai tugas-tugas guru dan staf sekolah
lainnya di SMP Dua Mei Ciputat, maka penulis memberikan simpulan antara lain
sebagai berikut:
1.
Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) dilaksanakan secara maksimal dengan mengacu kurikulum yang
berlaku, didukung dengan kondisi belajar serta sarana dan prasarana yang
tersedia.
2.
Guru sebagai
tenaga pendidik yang profesional sudah mempersiapkan KBM dengan baik, termasuk
perangkat pembelajaran yang lengkap.
3.
Sekolah menjalin
hubungan baik dengan orang tua murid untuk menjaga silaturahim keduanya.
4. Pelaksanaan
PPKT merupakan proses pencarian pengalaman dan pembelajaran bagi mahasiswa PPKT
sebagai seorang calon pendidik.
5. Agar
mampu mengelola kelas dengan baik, maka seorang guru harus bisa :
a. Menguasai
materi pelajaran yang akan disampaikan pada siswa dengan baik.
b. Mampu
menyesuaikan tujuan khusus pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan
pada siswa.
c. Mampu
melakukan pendekatan pada siswa agar guru dapat mengenal karakter dari masing –
masing siswa.
d. Mampu
menciptakan suasana kelas yang baik dan kondusif.
e. Terampil
dan kreatif memaanfaatkan media dan sumber belajar yang digunakan saat mengajar
di kelas.
B. Saran
Mahasiswa PPKT diharapkan mampu
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan dapat memanfaatkan program PPKT
ini dengan sebaik – baiknya karena kegiatan ini dapat menjadikan bekal
mahasiswa praktikan sebelum terjun langsung menjadi seorang guru.
Disetiap kegiatan yang dilakukan
harus dilakukannya evaluasi agar kegiatan yang dilakukan menghasilkan kegiatan
yang lebih baik lagi. Dari kegiatan PPKT yang sudah bagus diadakan ini,
berharapadanyaperubahan pada peraturanyang ada di dalam manajemen PPKT, dimana
perubahan tersebut untuk meningkatkan kualitas para calon guru.
DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusun
Buku Pedoman PPKT. 2015. Buku Pedoman
Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
(FITK). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan PPKT (Praktik Profesi Keguruan Terpadu)"
Post a Comment